Viral Gaji Rp 80 Juta Terlilit Utang, Pakar Perencana Keuangan Aktif Suara

Viral Gaji Rp 80 Juta Terlilit Utang, Pakar Perencana Keuangan Aktif Suara

–>

Suara. com semrawut Viral Gaji Rp 80 Juta Terlilit Utang, Pakar Perencana Keuangan Buka Suara.

Lagi rapat alias viral di media sosial pekerja bergaji Rp 80 juta per bulan, tapi menghadapi urusan keuangan yang rumit lantaran dirumahkan karena terdampak virus Corona Covid-19.

Sontak saja ini menghebohkan netizen, pasalnya Rp 80 juta bukanlah nilai kecil, dan seharusnya sudah punya tabungan, bahkan memiliki dana perlu yang bisa dimanfaatkan di zaman pandemi ini.

Kabarnya si pekerja dan keluarganya ini juga harus bertemu sejumlah masalah, karena gaya hidupnya yang terbilang tinggi.

Kasus tersebut mendapat tanggapan dari Perencana Keuangan Rista Zwestika, S. Sos, AWP, CFP. Masalah yang dialami pekerja bergaji Rp 80 juta tersebut menjadi pengingat betapa pentingnya perencanaan keuangan.

“Yang salah adalah dari awal tidak direncanakan keuangannya. Karena terlena di dalam zona nyaman masih punya income besar, kemudian disaat income luhur diikuti dengan gaya hidup yang tinggi, ” ujar Rista saat dihubungi Suara. com , Sabtu (25/4/2020).

Ilustrasi perencanaan keuangan
Sketsa perencanaan keuangan

Ia mengatakan bahwa berapapun besarnya pemasukan yang didapat, saat program keuangan atau pengaturan dijalankan secara benar, seperti menyiapkan uang tabungan dan dana darurat, maka kurang banyak orang tersebut memiliki penyelesaian darurat saat menghadapi risiko.

“So, ketika risiko hadir dia tidak siap daripada segi apapun. Masalahnya bukan mulia atau kecilnya income, berapapun income tersebut tetap harus dilakukan perencanaan sesuai dengan tujuan keuangan masing-masing, ” urai Rista panjang luas.

Semrawut apa saja tahapan yang kudu dilakukan untuk melakukan perencanaan keuangan terhadap penghasilan yang didapat?

Hawa yang tergabung sebagai pemateri Finansialku itu membaginya dalam 5 langkah sebagai berikut:

1. Lakukan Finansial Check Up agar tahu seberapa sehat keuangan Anda, dan seberapa langsung cara Anda mengelola income.
2. Buat budgeting atau taksiran keuangan per bulan, per tahun.
3. Buat tujuan-tujuan keuangan, jangka pendek, menengah, jangka lama.
4. Catat semua berterima dan pendapatan sekecil apapun.
5. Disiplin dan lakukan review.

Oleh sebab itu, mulai sekarang seberapapun gaji dengan Anda miliki cobalah melakukan lima langkah yang dianjurkan Perencana Keuangan, Rista Zwestika agar keuangan terkelola dengan baik.