Viral Dispenser Seperti dari Kerajaan Majapahit, Publik: Dicari Hayam Wuruk

Suara. com – Di 2021, banyak rumah yang menggunakan dispenser untuk mempermudah mengambil air minum dari galon. Dispenser saat itu pun muncul dengan beragam gaya dan teknolgi.

Dispenser yang bisa menyimpan air hangat bahkan air santai telah menjadi alat yang dibutuhkan di rumah. Tentu saja, dispenser menggunakan listrik untuk dapat hidup.

Namun, suatu foto dispenser membuat banyak orang tertawa. Foto dispenser tersebut dibagikan melalui akun Twitter @crazyinINA.

Pada foto tersebut, terang sebuah dispenser yang jauh daripada kata modern. Dispenser tersebut terbuat dari tanah liat dan tampak sudah cukup tua. Meski demikian, sebuah galon air mineral tanda ternama bertengger di atasnya.

Baca Juga: Dikira Berhantu, Pria Ini Temukan Harta Karun dalam Tembok Panti Kuno

Pengunggah foto ini menyebutnya sebagai “The Majapahit Empire Water Dispenser” atau Dispenser Air Kerajaan Majapahit.

Dispenser Kerajaan Majapahit (Twitter @CrazyinINA)

Dispenser tersebut sebenarnya memang sebuah penampung air yang umumnya disebut gentong. Biasanya padasan digunakan untuk menyabun wajah, kaki, tangan, atau berwudhu.

Selain padasan, sebenarnya ada jenis dispenser yang memang tak pakai elektrik. Dispenser tanpa listrik ini biasa disebut sebagai dispenser guci yang biasanya dibuat dari keramik.

Bentuknya menyerupai guci, tanpa ada pilihan air panas atau dingin, serta biasanya menggunakan seling sebagai bahan pembuatnya.

Foto tentang dispenser kerajaan Majapahit ini jadi viral. Hingga Senin (1/2/2021) foto tersebut sudah mendapat lebih dari 4 ribu likes di Twitter.

Baca Juga: Tugu Makam Zaman Yunani kuno Terlihat Dekat Bandara Internasional Athena

Sebanyak warganet pun memberikan respon akan dispenser antik tersebut.

“Astaga tersebut di rumah dipake buat wudhu, ” komentar seorang warganet.

Warganet lainnya turut mengomentari foto itu. “Hayam Wuruk mau tau di mana lokasinya, ” ujar seorang warganet.

“Berkah Kisanak minum air sejak padasan, ” tulis seorang warganet tentang foto tersebut.

“Dulu di rumah temen SD gua ‘dispenser’-nya kayak begini akan tetapi nggak pake galon. Airnya asli jadi seger banget. Dingin, ” ungkap seorang warganet memberikan testimoni.