Terima Paket Belanja Online? Ini Aturan Kesehatan yang Wajib Dilakukan

Terima Paket Belanja Online? Ini Aturan Kesehatan yang Wajib Dilakukan

–>

Suara. com – Belanja online mungkin bukan lagi kebiasaan gres. Namun sejak pandemi covid-19 serta ketika PSBB masih diberlakukan, pekerjaan belanja online jadi meningkat.

Meski sudah menahan diri tetap di sendi agar terhindar dari infeksi, virus bisa saja datang dari asing yang terbawa melalui bingkisan paket yang kita pesan. Karena tersebut, Gugus Tugas Penaganan Covid-19 mengajukan tetap menerapkan protokol kesehatan masa menerima paket.

“Meski mengurangi mobilitas di luar rumah bisa berdampak pasti, kita tetap harus memastikan barang-barang yang kita terima terjaga kebersihannya, ” kata tim komunikasi konglomerasi tugas Covid-19 dr. Reisa Broto Asmoro dalam konferensi virtual BNPB, Minggu (12/7/2020).

Reisa menyampaikan, ada lima langkah protokol kesehatan yang bisa dilakukan masyarakat saat menerima bingkisan paket.

  1. Siapkan tempat khusus dalam depan rumah sebagai tempat meletakan bingkisan. Usahakan tidak menggunakan kaidah bayar di tempat. Agar serupa meminimalisir kontak dengan kurir.
  2. Segera buang wadah ataupun pembungkus luar paket yang tak diperlukan lalu cuci tangan. Lalu bawa masuk bingkisan ke di dalam rumah.
  3. Setelah itu, bersihkan wadah atau kotak paket pada bagian luar demgan menggunakan disinfektan. Reisa mengingatkan, jangan menyemprotkan disinfektan pada paket yang menyimpan makanan.
  4. “Jangan mengendapkan makanan dengan bahan kimia berbahaya, cukup cuci dengan air mengalir. Boleh pakai sabun yang memang dikhususkan untuk makanan, ” prawacana Reisa.
  5. Apabila bagian yang diterima berupa makanan, disarankan panaskan ulang dengan suhu minimal 65 derajat selama tiga menit.
  6. Jangan lupa untuk cuci tangan sebelum konsumsi makanan tersebut.