Take and Give, Kunci Pertemanan Langgeng dan Bertahan Selamanya

Perkataan. com – Punya teman baik dengan selalu ada dalam rajin dan duka adalah impian setiap orang. Namun sayangnya, tak semua orang dapat mempertahankan pertemanan dalam masa waktu lama.

Ada banyak sebab mengapa seseorang tidak bisa memiliki pertemanan dengan langgeng. Sikap mementingkan muncul sendiri, egois, dan tidak mau berempati, dalah kaum di antaranya.

Meski begitu, pertemanan dengan langgeng sesungguhnya bisa dimiliki oleh siapa saja. Ilmu jiwa Klinis Ika Amalia., M. Psi membagikan tips menegakkan pertemanan dalam jangka waktu lama, dalam acara How To Build a Strong Friendship, Minggu (13/6/2021).

“Perlu pahami diri sendiri. Jadi kalau sudah mengenal diri sendiri dan siapa diri sendiri, teman-teman akan membongkar-bongkar dan pertemanan bisa dipertahankan. Kalau sudah begitu, pertemanan bisa langgeng, ” ungkapnya.

Membaca Juga: 5 Alasan Cewek Lebih Rajin Punya Sahabat Cowok, Minim Drama!

Tidak hanya itu, cara mempertahankan pertemanan salah satunya adalah dengan saling bantu saat menemui kesulitan. Bahkan, hubungan saling timbal balik ini mampu membangun hubungan pertemanan dengan layaknya keluarga.

“Dalam ikatan pertemanan, take and gift kayak keluarga. Jadi itu yang bisa dilakukan melalui hubungan teman jangka lama, ” katanya lebih tinggi.

Deep talk atau pembicaraan mendalam juga bisa menjadi kunci menjaga pertemanan. Tak hanya itu, saling terbuka dan saling memahami selalu penting dalam hubungan pertemanan.

“Tips menghadapi deep talk adalah dengan menjadi diri sendiri. Dan jadilah versi terbaik sebab diri sendiri, lemah tak apa-apa. Yang penting tunjukkan bahwa ‘Aku ingin berteman denganmu’, ” ungkapnya.

Melansir dari Deeper Events, menggelar diri apa yang Anda rasakan kepada teman, sanggup membuat Anda jadi terhubung satu sama lain. Jika ingin membagikan momen dengan dirasakan, tidak perlu ragu, karena teman baik akan membuka diri bila kita sudah saling memahami.

Baca Selalu: 5 Laba Persahabatan, Bantu Mengatasi Tekanan hingga Mencegah Demensia

Jika saling terhubung dan satu frekuensi, maka deep talk bukanlah hal yang sulit. Bahkan teman dengan satu frekuensi bisa silih bahagia dan bersenang-senang.