Sudah Pandemi, Ini Rekomendasi Produk Ekowisata yang Bakal Diminati

Sudah Pandemi, Ini Rekomendasi Produk Ekowisata yang Bakal Diminati

–>

Perkataan. com – Wisata alam diperkirakan akan menjadi tren terbaru bagi para penikmat wisata setelah pandemi selesai. Selain sebab adanya kebutuhan untuk menjaga jeda dan menjauhi kerumunan, berwisata pada lokasi yang dekat dengan alam telah terbukti memiliki pesonanya tunggal.

Eco tourism adalah salah satu alternatif wisata alam yang diminati oleh para wisatawan di seluruh negeri yang menyadari akan pentingnya menjaga keindahan alam untuk dinikmati sebab keturunan selanjutnya.

Meskipun identik dengan wisata lembah laut dan wisata di alas lindung, sebenarnya ada beberapa pilihan destinasi wisata di Yogyakarta dan sekitarnya yang juga telah mengusung konsep rural eco-tourism dan dapat kamu nikmati setelah pandemi sudah lho. Berikut ini beberapa pilihan destinasi dan kegiatan wisata dengan dapat kamu masukan ke dalam wishlist liburanmu #DiIndonesiaAja setelah pandemi berakhir!

1. Menginap dan Bercengkrama dengan Penduduk Sekitar

Rural eco-tourism biasanya diperkenalkan dengan konsep daerah wisata karena karakteristik desa wisata yang biasanya berfokus pada posisi aktif warga sekitar untuk membentengi keindahan alam, budaya serta meningkatkan kondisi ekonominya. Di destinasi desa wisata tersebut, biasanya wisatawan bakal diajak dan diajarkan bagaimana jalan warga desa untuk berwisata dengan bertanggung jawab di kawasan dengan relatif belum terjamah dan sedang dijaga keasriannya.

Di Yogyakarta sendiri, terdapat beberapa desa wisata seperti Desa Wisata Nglanggeran dan Desa Wisata Pentingsari yang menawarkan paket untuk menginap di rumah warga dan mempelajari berbagai kearifan lokal laksana tari-tarian, obat-obatan herbal, dan sedang banyak lagi. Tentunya, kamu juga bisa berkunjung untuk sekedar menginap dan bercengkrama dengan penduduk sekitar yang ramah sembari menikmati kecantikan dan ketenangan alam pedesaan setelah pandemi selesai nanti.

2. Kehidupan menanam padi dan membajak sawah

Ilustrasi membajak sawah. (Dok: Galeri Gunung Api Purba)

Sembari menginap dalam spot-spot tersebut, kamu juga bisa ikut berkontribusi dan melakukan kesibukan nyata dalam menjaga budaya serta kondisi alam di destinasi dengan kamu kunjungi. Ada beberapa daerah wisata yang menawarkan paket tersebut, terutama apabila masa tanam pari sudah tiba. Sebagai contoh, masa kamu memutuskan untuk berwisata dalam Desa Wisata Tembi dan Desa Wisata Nglanggeran, kamu bisa merasakan sensasi unik membajak sawah memakai kerbau, menanam padi, hingga membakar masakan tradisional bersama warga sekitar.

Tidak harus menginap kok. Kamu pula bisa menikmati rangkaian aktivitas ini bila kamu mengikuti paket istimewa yang mereka tawarkan dengan menemui pengelolanya terlebih dahulu. Tentunya, sepatutnya kamu memasukan ini ke wishlist-mu terlebih dahulu dan melakukannya sesudah pandemi selesai ya.

3. Mengunjungi situs-situs bernilai sejarah yang dekat dengan alam