Setahun Vakum, Museum MACAN Kembali Buka Untuk Publik

Bahana. com – Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (Museum Seni Modern dan Kontemporer di Nusantara atau Museum MACAN) kembali operasional setelah setahun ditutup akibat pandemi Covid-19.

Sejak dibuka pada 10 Maret morat-marit, Museum MACAN menyajikan lima pameran termasuk dua pertunjukan baru yang dikurasi sejak koleksi Museum MACAN, serupa pameran seni kontemporer Asia Tenggara yang didukung oleh ASEAN, ASEAN Foundation and ASEAN-Republic of Korea Cooperation Fund.

Di dalam pembukaannya, Museum MACAN meminta mengutamakan kesehatan dan ketenangan untuk pengunjung, serta mengambil pengunjung mendapat pengalaman dengan menyenangkan.

Semua staf lapangan telah mengikuti pelatihan aturan kesehatan dan keamanan pra museum dibuka kembali, pula menjalani tes rutin Covid-19 secara berkala.

Baca Juga: Pengunjung Museum Samarendah Sepi, Pengamat Sorot Pengelolaan

Museum MACAN kembali buka di tengah pandemi Covid-19 (Dok. Museum MACAN)

Museum MACAN serupa telah bermitra dengan VIDA, sebuah sistem check-in serta check-out digital yang berlaku mengatur jumlah orang di dalam sebuah ruang atau bangunan, memberi akses pada tempat publik seperti Museum MACAN.

VIDA kemudian memastikan jumlah pengunjung sesuai dengan adat kesehatan dan keamanan dengan telah diatur pemerintah. Setelah kunjungan, VIDA dengan damai menyimpan data pengunjung untuk keperluan penelusuran kontak jika diperlukan.

“Ini merupakan satu diantara upaya kami untuk menjunjung sektor bisnis dan bangsa untuk kembali beraktivitas serta beradaptasi dengan situasi pandemi saat ini. Solusi VIDA Pass memungkinkan Museum MACAN dibuka kembali dengan tenteram, mengurangi risiko kesehatan dengan melakukan kontrol akses, merekam status kesehatan, waktu, dan kehadiran pengunjung, ” sirih CEO VIDA, Sati Rasuanto.

Pengunjung bisa menikmati program pameran dalam Museum MACAN setiap Selasa – Minggu pk. 10. 00 – 16. 00. Tiket dapat dipesan menggunakan situs resmi museum atau melaluii mitra tiket daring Traveloka, Gotix, Tiket. com dan Klook. Beberapa agenda pameran yang sedang berlaku adalah:

  •   ‘Stories Across Rising Lands’, pertunjukan seni kontemporer Asia Tenggara
  • ‘Semesta dan Angan: Pilihan Karya dibanding Koleksi Museum MACAN
  • Ruang Seni Anak Komisi UOB Museum MACAN: Kisah Antah-berantah oleh Cermin Sasmita
  • ‘Melati Suryodarmo: Why Let the Chicken Run? ’
  • Ruang Seni Bani Komisi UOB Museum MACAN: Warna dalam Gua oleh Mit Jai Inn
  • Panduan Pameran & Panduan Museum untuk Anak telah dioptimalkan untuk ukuran desktop dan seluler, dan tersedia untuk diunduh pada situs web Museum, memberikan informasi yang berguna kepada pengunjung saat mereka datang.  

Untuk waktu yang terpatok, museum akan memberlakukan kehormatan tiket khusus Rp56. 000 – 70. 000 buat hari biasa (Selasa awut-awutan Jumat) dan Rp72. 000 – 90. 000 di akhir pekan (Sabtu awut-awutan Minggu).

Baca Juga: Museum Samarinda yang Selalu Sepi, Sempat Dikira Suatu Toko

Untuk kanal prioritas, Museum MACAN mengundang pecinta seni untuk mengikuti program keanggotaan tahunan, MACAN Society.