Resep Sambal Embe Khas Bali, Bikin Nagita Slavina Ketagihan

Suara. com – Beberapa waktu lulus Nagita Slavina membuat salah satu resep sambal khas Bali, yaitu sambal embe.

Orang Raffi Ahmad ini benar dikenal gemar memasak dan sering meluangkan waktu buat membuat berbagai hidangan, tidak hanya untuk dirinya tunggal dan keluarga, tapi pula khusus untuk tim RANS Entertainment.

Kegemarannya memasak ini, ia tunjukkan pula saat berada di Bali beberapa waktu cerai-berai. Perempuan yang akrab disapa Gigi ini menyempatkan buat membuat sambal embe khas Bali yang juga populer nikmatnya.

Bersama temannya, Ratu Kemala yang merupakan salah satu pemilik dari bisnis kemolekan, ibu dari Rafathar Malik Ahmad ini tampak sejenis ahli menyiapkan dan memasakan satu demi satu bahan-bahan untuk dijadikan sambal embe.

Mengaji Juga: Keterangan dan Bumbu Mie Menyelar Berbagai Varian yang Bisa Dicoba

Nagita Slavina dan temannya Maharani Kemala mencicipi sambal embe khas Bali. (Youtube/RANS Entertainment)

“Hari ini aku masa di Bali. Aku suka bikin sambel buat itu (tim RANS Entertainment, Red), tapi aku hari itu kedatangan bintang tamu jauh dari Ubud, ” kata pendahuluan perempuan yang tengah berisi anak keduanya ini meniti unggahan video di saluran YouTube RANS Entertainment.

Buat membuat sambal tersebut, tak tanggung-tanggung, Gigi dan Ratu menggunakan kuali super besar dengan bahan berupa cabai rawit setan, bawang abang iris dan bawang suci iris yang masing-masingnya berisi dari lima kilogram (kg).

Setelah memanaskan minyak menyelar, Maharani yang juga kerap membuat sambal embe, memurukkan irisan bawang merah, karena menurutnya matangnya lebih periode.

Sementara Gigi mengaduk irisan bawang merah hingga mengeluarkan aroma merebak, Maharani menyiapkan bumbunya, yaitu terasi dan garam yang dicampur menjadi satu dalam sebuah wadah.

Tak lama, Gigi pun memasukkan irisam bawang putih ke di dalam kuali dan memgaduknya menjelma satu dengan bawang abang. Keduanya terus menggorengnya mematok warna keduan bawang tersebut kering dan kecokelatan.

Baca Juga: Resep Soto Ayam Kuning Cocok untuk Menu Sarapan

Ini dia Sambal Embe khas Bali hasil Nagita Slavina dan Ratu Kemala. (Youtube/RANS Entertainment)

Setelah tersebut, campuran garam dan terasi pun dimasukkan dalam kawah, lalu diaduk hingga merebak.

Terakhir, Maharani menambahkan irisan cabai merah. Khusus untuk cabai, kata dia, dimasak hanya sebentar. Sambil tetap diaduk, tak terasa sambal embe buatan keduanya pula matang dan siap disajikan.

Mereka pun langsung mencobanya dengan nasi putih rapat dan ikan bakar.

“Harus pakai nasi gitu makannya, pakai nasi dan ikan bakar, ” kata Gigi sembari menuju ke tempat makan bersama Maharani.

Saat mencicipi sambal embe, Gigi tampak begitu menikmati sambal tersebut meski kepedasan.

“Endul (enak). Kamu berbakat kawan, gila pedes banget. Buat kalian yang belum pernah kembali atau lagi tidak bisa balik (ke Bali) karena pandemi, ini bisa dicobain dalam rumah, ini rasanya semacam di Bali, ” arahan Gigi.

Bagaimana, tertarik mencoba sambal khas Bali yang rasanya enak itu? Kamu bisa melihat cara melaksanakan sambal embe buatan Nagita Slavina dan Maharani Kemala di sini.