Pemimpin Jokowi Bagikan Donat untuk Korban Banjir, Publik Berdebat

Suara. com porakporanda Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang ke Kalimantan Selatan pada Senin (18/1/2021) lalu. Di dalam kunjungan kerjanya kali ini, Presiden Jokowi meninjau lokasi yang terdampak banjir.

Sebuah foto Presiden Jokowi menyampaikan donat dengan merek ternama, J. Co, kepada anak korban banjir menarik perhatian publik. Foto tersebut pun sempat dibagikan di akun Instagram @jcoindonesia .

Dalam menjepret itu, tampak Presiden Jokowi memiliki 2 kotak donat J. Co. Tampak 2 anak kecil target banjir menerima kotak donat terkemuka itu.

Rupanya, foto ini menjadi perbincangan saat diunggah oleh akun Twitter @txtdrpemerintah . Sejumlah warganet menyuarakan pendapatnya tentang laku Presiden Jokowi kala itu.

Baca Juga: Foto Bareng Jokowi di Kedudukan Banjir Kalsel, Rian D’Masiv: Alhamdulillah

Pro dan kontra memenuhi cuitan tersebut. Ada yang kecewa secara tindakan pria 59 tahun itu, namun ada pula yang mendukungnya.

Presiden Joko Widodo membagikan donat J, CO pada anak korban banjir (Twitter @txtdrpemerintah)

Sejumlah orang dengan kecewa merasa seharusnya Presiden menganjurkan bantuan yang lebih bermanfaat lantaran sekedar donat.

“Lebih mending iba tas, baju, dan lain-lain yang awet sih gan. Selain itu donat merek itu kan langka tuh. Mending yang agak melimpah tapi dapat banyak, ” komentar warganet yang tidak setuju dengan aksi Presiden Jokowi.

Warganet yang lain juga berpendapat serupa. “Bukannya dikasih sembako, pakaian, instrumen tulis, tas, seragam, tempat evakuasi yang layak, obat-obatan, malah dikasih J. CO! ” ujar warganet lainnya.

Kendati demikian, banyak pula warganet yang menanggapi kejadian ini dengan respons positif.

Baca Juga: Lembaga Antariksa: Banjir Kalsel Dipicu Menipisnya Hutan

“Menurut gue banyak yang salah kaprah menanggapi pemberian donat itu ke anak-anak. Menurut gue tujuannya ya cuma ngasih jajan ke anak-anak biar seneng. Kalau sembako, obat-obatan sungguh tentu udah ada sendiri. Ya kali presiden cuma mau berseloroh J. CO, ” tulis seorang warganet.

Warganet lainnya pun ikut bersuara. “Ya Allah maaf ya netijen. Negeri pasti juga udah ngasih tumpuan lain seperti sembako, dan lainnya. Ini donat cuma sebagian kecil biar anak-anak seneng, ” ungkap warganet lainnya.

Sementara tersebut, hingga Rabu (20/1/2021), unggahan tentang Presiden Jokowi membagikan donat J. CO di Twitter disukai sebanyak lebih dari 9 ribu akun.