Ngabuburit di Rumah Aja, Ini Acara Seru untuk Dilakukan Bareng Sahabat

Ngabuburit di Rumah Aja, Ini Acara Seru untuk Dilakukan Bareng Sahabat

–>

Suara. com – Ada banyak hal yang berubah sehubungan dengan menjalankan ibadah puasa sembari di rumah aja. Salah satunya soal sesi ngabuburit bersama teman.

Berbeda dengan bulan Ramadan yang telah lalu, kali tersebut ngabuburit tak lagi bisa dilakukan di luar rumah. Rencana jalan-jalan, nongkrong, hingga buka bersama biar terpaksa dibatalkan.

Namun, terlepas dari larangan untuk keluar rumah, bukan berguna kamu tidak bisa menghabiskan waktumu untuk bersilaturahmi dengan teman.

Meski dilakukan secara online, ada beberapa hal seru yang tetap kamu bisa lakukan bersama sembari menunggu periode buka puasa tiba.

Diadaptasi dari laman Insider dan Mashable , yuk intip beberapa aktivitas dengan bisa kamu lakukan dengan saudara di saat ngabuburit di rumah aja.

Ilustrasi aplikasi Netflix. [Shutterstock]

1. Menonton film bersama

Menonton film bisa menjelma aktivitas menyenangkan untuk menunggu bekerja puasa, terlebih karena film memiliki durasi yang panjang.

Di tengah isolasi sendiri ini, kamu dan teman-temanmu mampu menggunakan layanan Netflix Party untuk menonton satu film secara bersamaan.

Atau, kamu bisa juga menggunakan Zoom dan melakukan screen sharing .

2. Bermain game online

Di era modern serupa ini, ada banyak game online yang bisa kamu mainkan berhubungan teman-teman meski terpisah jarak.

Daripada berlaku sendiri dan merasa bosan, tak ada salahnya jika kamu menunggu waktu buka dengan mengajak teman-temanmu bermain game bersama secara online.

3. Membuat kuis untuk teman-temanmu

Salah satu aplikasi seru yang bisa digunakan adalah aplikasi pembuat kuis bernama Kahoot!

Lewat aplikasi Kahoot! kamu bisa membuat kuismu sendiri dan menganjurkan teman-temanmu untuk bermain. Aplikasi ini awalnya banyak digunakan di kelas, tapi kini juga bisa dipergunakan untuk bermain bersama teman.

Ilustrasi membaca buku. (Shutterstock)

4. Membaca buku bersama

Jika kamu serta sahabatmu sama-sama suka membaca sendi, pilihlah satu buku yang cocok dan gunakan waktu ngabuburit buat membaca.

Kemudian, tetapkan tanggal tertentu pada mana kamu dan sahabatmu akan saling bertukar pendapat mengenai cerita yang sudah kalian baca.

Ini bisa menjadi alternatif bahan pembicaraan era mengobrol online dengan teman-temanmu sembari menunggu waktu berbuka.

5. Gerak ringan bersama

Saat puasa, kamu tetap disarankan untuk melakukan gerak ringan menjelang buka atau setelah berbuka puasa.

Lewat video call, kamu serta temanmu bisa melakukan olahraga mudah seperti yoga sembari menunggu periode berbuka. Kamu juga bisa memakai tutorial olahraga ringan dari Youtube.

Ilustrasi museum. (Shutterstock)

6. Jalan-jalan online

Di tengah pandemi corona, ada banyak situs wisata masyhur dunia yang sudah menyediakan layanan tur digital.

Ini juga bisa menjadi alternatif untukmu dan sahabat bila ingin jalan-jalan bersama, mulai sebab mengunjungi museum hingga kebun fauna.

Melalui fitur screen sharing , kamu dan teman-temanmu pun bisa merasakan sensasi jalan-jalan meski sedang berada di rumah.