Musim Pandemi, Cat ini Diklaim Bisa Cegah Virus dan Bakteri

Suara. com – Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat untuk lebih penuh beraktivitas di dalam rumah buat mencegah penularan virus corona. Namun, lingkungan rumah tentunya juga kudu terhindari dari risiko penularan virus corona.

Belakangan, sejumlah produsen cat tiba mengembangkan cat anti virus dan bakteri. Seperti yang salah satunya dilakukan oleh Mowilex yang mengeluarkan cat antibakteri.

“Seri produk baru ini dibekali dengan Silver Ion AG+ dengan 99, 9 persen efektif melawan kuman penyakit, terutama virus, dan bakteri penyebab infeksi, ” perkataan, Direktur dan Head of R& D PT Mowilex Indonesia, Novina Tjahjadi.

Noviana menjelaskan bahwa kandungan Silver Ion sudah terbukti menjadi lupa satu pertahanan yang efektif melayani berbagai kuman penyakit yang berupa bakteri dan virus.

Baca Juga: Tekan Penyebaran Covid-19 dengan Cat Tembok Antivirus

Cat anti virus dan bakteri. (Elements Envanto)

Hasil ulangan laboratorium independen berskala internasional menunjukkan silver ion dapat membunuh bakteri Staphylococcus aerus dan Escherichia coli (JIS Z 2801: Test for Antibacteria Activity dan Efficacy).

Selain itu silver ion juga efektif mematikan Human Coronavirus CoV-OC43 dan Eterovirus EV-A471, berdasarkan hasil test pengukuran aktivitas antivirus pada plastik & permukaan tidak berpori lainnya (ISO 21702: 2019).

Coronavirus CoV-OC43 yang digunakan dalam test antivirus tersebut mirip dengan virus penyebab penyakit asimilasi -Severe Acute Respiratory Syndrom Coronavirus 2 (SARS COV-2), dan lupa satu turunan dari Coronavirus dengan menyebabkan SARS, Middle East Respiratory Syndrome (MERS), flu burung (H5N1), dan Covid-19.

Sedangkan Eterovirus EVA471 adalah lupa satu golongan Eterovirus yang membuahkan penyakit hand, foot, and mouth disease (HFMD) yang pernah mewabah di kalangan anak-anak di Asia Tenggara.

Berbagai bakteri dan virus tersebut dapat ditangkal oleh Silver Ion, dengan cara mengikat lalu memotong dinding sel bakteri atau virus.

Baca Juga: Dikepung Warga usai Bentrok Lari, Wajah dan Tubuh Eko Dilumuri Cat Tembok

Setelah tebal telinga sel berhasil ditembus, Silver Ion merusak enzim metabolisme sel kuman atau virus, sampai akhirnya sel tersebut mati.