Mitos atau Fakta? Racun Pasal Kebutaan pada Tanaman Hias Dieffenbachia

Suara. com kacau Dieffenbachia ialah salah satu jenis tanaman hias yang sering dipilih untuk mengindahkan lingkungan sekitar rumah.

Namun di balik segarnya warna hijau di dalam daun Dieffenbachia, tidak kurang orang yang menganggap bahwa tanaman dari keluarga Arraceae ini beracun.

Racun Dieffenbachia bahkan dianggap dapat menimbulkan kebutaan bahkan sampai kematian. Lantas benarkah anggapan tersebut? Yuk kita cari tahu mitos ataupun fakta racun dalam Dieffenbachia.

Melansir dari penelitian Oxford plant 400 Hundred pada Universitas Oxford Departemen kemahiran tanaman, getah Dieffenbachia dasar mengandung kalsium oksalat yang bersifat membawa racun, terutama jika tertelan atau terkena mata.

Baca Juga: 5 Manfaat Merawat Tanaman di sekitar Rumah

dieffenbachia (Pixabay)

Namun, sebenarnya akibat dari infeksi kalsium oksalat tidak separah apa yang disebutkan sebelumnya.

Melansir dari Afrika Check, seorang apoteker dan ahli di bidang racun dan National Capital Posion Center di Washington DC bertanda dr. Lindsay Liu mengutarakan bahwa mayoritas orang dengan terkena racun Dieffenbachia cuma menimbulkan gejala ringan.

Fakta ini dapat ditangani secara membilas mulut dengan cara meminum air putih ataupun susu untuk menetralisir bisa yang ada.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan jika kalsium oksalat pada Dieffenbachia dapat menjadikan pembengkakan hingga sulit bernapas, namun hal ini benar jarang terjadi.

Tetapi jika hal ini terjadi, kelakuan pertama yang harus dikerjakan adalah pergi ke tabib.

Mengaji Juga: Mengenal Lebih Dalam Tanaman Hias Aglonema dan Manfaatnya

Lalu, bagaimana dengan kebutaan?