Membuat Hati Adem, 3 Daya Renggut Masjid terinspirasi dari Ka'bah di Indonesia

Membuat Hati Adem, 3 Daya Renggut Masjid terinspirasi dari Ka’bah di Indonesia

–>

Suara. com – Bikin Absurd Adem, 3 Daya Tarik Masjid terinspirasi dari Ka’bah di Indonesia.

Jelang Ramadan penutupan, wisata kepercayaan bisa menjadi pilihan aktivitas buat mendekatkan diri kepada Sang Maha Kuasa. Jelang Idul Fitri ini pun tidak sedikit yang merindukan tanah suci, Mekkah dan tahu Ka’bah dalam kehangatan perayaan Idul Fitri, minimal dalam layar kaca.

Kata soal Ka’bah, ada tiga masjid berbentuk Ka’bah lho di Indonesia.

Berikut Suara. com rangkum dari Wikipedia, tiga masjid yang memiliki daya tarik tersendiri karena bentuknya terinspirasi dibanding Ka’bah di Mekkah, masjid itu juga menjadi destinasi religi yang sering dikunjungi wisatawan.

Masjid Kabah At-Toyibah di Subang

Masjid Ka’bah di Subang. (@subangtraveler)

Lokasinya ada di Jalan Kalijati Timur, Daerah Kalijati Timur, Kecamatan Kalijati, Pelik. Masjid Kabah ini diberi tanda At-Toyibah.

Ka’bah adalah bangunan suci dengan menjadi kiblat umat Islam se-dunia. Selain itu, juga sebagai induk ibadah umroh atau haji. Tak sedikit yang bercita-cita datang ke sana. Jika belum mendapat jalan untuk mengunjunginya, kamu bisa pegari ke Subang. Ada satu masjid yang arsitekturnya menyerupai Ka’bah. Menyimak ulasan selengkapnya di bawah tersebut.

Masjid bernama At-Toyibah ini berbeda dengan masjid pada umumnya yang berkubah. Bangunannya berbentuk kotak mirip dengan Ka’bah di Masjidil Haram, Arab Saudi.

Masjid Al-Irsyad di Bandung

Masjid Al-Irsyad merupakan sebuah masjid dengan terletak di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia. Masjid ini dibangun pada tahun 2009 dan selesai pada tahun 2010. Bentuk masjid sekilas hanya seolah-olah kubus besar laiknya bentuk bangunan Kubah di Arab Saudi. Dengan konsep ini, dari luar tampak garis-garis hitam di sekujur dinding masjid.

Desain masjid dirancang mirip Kiblat. Warna dasarnya abu-abu. Penataan kotor bata pada keseluruhan dinding terlihat sangat mengagumkan. Batu bata disusun berbentuk lubang atau celah pada antara bata solid. Pembangunan masjid ini diarsiteki oleh Ridwan Lengkap.

ialah sebuah masjid yang terletak di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia. Masjid ini dibangun pada tahun 2009 dan lengkap pada tahun 2010. Bentuk masjid sekilas hanya seperti kubus luhur laiknya bentuk bangunan Kubah dalam Arab Saudi. Dengan konsep tersebut, dari luar terlihat garis-garis hitam di sekujur dinding masjid.

Langgar Al Fatih Al Anshar Makassar

Namanya Masjid Al Fatih Al Anshar yang terletak di Tiang Paccinang, Makassar. Bangunan ini maujud kotak menyerupai bangunan Ka’bah pada Masjidil Haram.

Di sudut bangunan lainnya selalu terdapat bangunan menyerupai Hajar Aswad yang biasa dicium umat Agama islam saat melaksanakan ibadah haji atau ibadah umrah.

Bangunan masjid ini terinspirasi langsung bangunan Ka’bah di Makkah.