Mau Menunda Momongan? Ini 4 Cara Mencegah Kehamilan Sesudah Bercinta

Suara. com – Setelah menikah, mempunyai momongan adalah hal yang terdapat di benak pasangan. Namun, tak sedikit juga yang memilih menunda hamil dikarenakan berbagai alasan. Lantas, adakah cara yang bisa diterapkan untuk mencegah kehamilan setelah bercinta?

Terdapat beragam alasan yang membuat pasangan suami istri menunda memiliki anak. Ada yang merasa belum siap secara finansial, hendak melanjutkan pendidikan, atau tengah menjalankan long distance relationship sehingga menangguhkan rencana punya anak.

Tak heran, sudah banyak pasangan yang mencari tahu metode mencegah kehamilan setelah berhubungan intim. Hal ini tentunya sudah disepakati kedua belah pihak sehingga tidak wujud ganjalan dalam pernikahan.

Akhir-akhir ini, coba simak dulu guidelines dari the Asianparents berikut mengenai cara mencegah kehamilan setelah berhubungan intim.

Baca Juga: Ini five Masalah Seks yang Sering Dihadapi Pengantin Baru, Kamu Gimana?

1. Menggunakan Alat Kontrasepsi
Mengenakan alat kontrasepsi menjadi langkah umum untuk pasangan yang ingin menunda kehamilan. Cara ini juga efektif bagi Anda yang ingin mengatur jarak kehamilan pertama dengan kehamilan berikutnya.

Terlebih sudah banyak jenis alat kontrasepsi yang beredar di pasaran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Sebut saja kondom, pil KB, IUD atau spiral, implan serta KB suntik.

Sebelum memutuskan alat kontrasepsi, sesuaikan dengan kenyamanan Anda. Konsultasikan dengan dokter kandungan perihal alat kontrasepsi yang tepat.

two. Ejakulasi di luar
Adakalanya pasangan merasa keberatan menggunakan alat kontrasepsi. Pasalnya, ada ganjalan yang akan terasa jika mengenakan pelindung saat bercinta.

Jika hal itu dirasakan pasangan Anda, Anda bisa mencoba mendiskusikan dengan pasangan agar mengeluarkan sperma di luar rahim.

Baca Juga: Ssst, Ini Fakta Tentang Seks yang Tak Banyak Diketahui

Seperti telah diketahui, kehamilan terjadi saat sel sperma bertemu sel telur. Melakukan ejakulasi pada luar dapat menekan potensi kehamilan.