Laris Manis, Pedagang Ini Bisa Jual 500 Tempe Mendoan Setiap Hari

Laris Manis, Pedagang Ini Bisa Jual 500 Tempe Mendoan Setiap Hari

Bahana. com – Gorengan menjadi camilan favorit masyarakat Indonesia. Salah satu menu gorengan dengan jadi primadona adalah tempe mendoan. Gorengan khas daerah karesidenan Banyumas ini sangat cocok untuk dinikmati selagi hangat.

Mendoan Bagong yang berlokasi di Palmerah, Jakarta Barat, menjajakan mendoan dengan cita rasa orisinil. Si penjual menggunakan tempe khusus yang dibungkus per lembar memakai daun pisang.

Tentu saja tempe yang dimanfaatkan adalah tempe yang berkualitas serta telah difermentasikan dengan baik. Jadi, rasa mendoan tetap terjaga & sedap.

Mendoan Bagong tidak menggoreng tempe hingga kering sehingga rasanya benar-benar terasa seperti mendoan khas Banyumasan.

Baca Juga: Viral Gegara Odading Mang Oleh, Ternyata Segini Tarif Endorse Ade Londok

Mendoan Bagong (TikTok @kulinersamacici)

Sayangnya, sebagian masyarakat menduga jika mendoan harusnya digoreng biasa. Padahal mendoan yang asli memang tidak digoreng sampai kering.

Hal ini karena kata mendoan sendiri bersumber dari kata ‘mendho’ di kode Banyumas yang berarti setengah sampai atau lembek. Nah, bila digoreng hingga kering, namanya bukan lagi mendoan, melainkan keripik tempe.  

Mendoan Bagong yang sudah berdiri semasa 5 tahun ini sangat disukai oleh banyak orang. Dalam sehari tempat ini bisa menjual 500 lembar tempe mendoan. Pantas saja antriannya selalu mengular meski hanya dijual menggunakan gerobak di pinggir jalan.

Mendoan Bagong (TikTok @kulinersamacici)

Saking larisnya Mendoan Bagong, mereka buka tiba pukul 16. 30 WIB serta semua mendoannya sudah habis diborong pada pukul 18. 30 WIB. Wah, dagangan ludes terjual dalam waktu 2 jam. Mantap sekadar.

Sayangnya, selama pandemi Covid-19, penjualan menimbrung terdampak. Angka mendoan yang dijual menurun jadi 400 lembar sehari. Meski demikian, jumlah ini kendati tetap termasuk banyak.

Baca Juga: Pandemi Covid-19, Permintaan Produk Organik Bahkan Meningkat

Untuk satu porsi Mendoan Bagong dibanderol seharga Rp20 seperseribu berisi 7 lembar tempe mendoan. Murah meriah, kan? Meski bukan jajanan kekinian, Mendoan Bagong langgeng patut kamu coba untuk menemani waktu santaimu.