Kenali Sejarah Makassar, Poros Maritim Nusantara Dulu dan Sekarang

Kenali Sejarah Makassar, Poros Maritim Nusantara Dulu dan Sekarang

Suara. com – Makassar merupakan salah satu kota Maritim di pesisir selatan Tanah Sulawesi yang berperan penting di dalam sejarah pelayaran dan perdagangan pada Kepulauan Nusantara.

Sejak awal pertumbuhannya pada abad ke-15, Makassar telah menunjukkan peran sebagai kota pelabuhan di perdagangan dunia. Makassar juga mengakar dalam jaringan perdagangan sutera dengan menghubungkan antara dunia niaga Asia dan Eropa.

Dikutip Suara. com dari pancaran pers Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpafekraf), dahulu Makassar dikenal memiliki armada maritim yang berpengaruh dengan pelabuhan yang menjadi tempat bersandar kapal-kapal dari berbagai penjuru dunia.

Dalam sejarah maritim, Makassar serupa menjadi titik temu antara belang niaga di belahan Timur yaitu Maluku, Papua; Barat yaitu Kalimantan, Malaka, Jawa serta daratan Asia, Eropa dan Australia.

Baca Juga: Langgar Istiqlal Berbenah, Ingin Jadi Induk Wisata Religi Global

Beberapa komoditi Nusantara seperti rempah, produk bahar, dan juga kayu cendana mampu dibeli dan ditemui di sana terutama yang berasal dari Maluku, Bali, Lombok, Sumbawa, Sumba, Flores, Timor, Irian, Jawa, Kalimantan, serta Filipina Selatan.

Orang-orang Makassar juga dikenal sebagai pelaut handal yang dihormati di dunia karena kehebatannya. Mereka dijuluki sebagai “Celebes De Makassares” yang berarti orang-orang “Makassar yang ulung dan mahsyur”.

“Jejak kemahsyuran pelaut Makassar dapat ditemukan pada hukum laut internasional yang mengadopsi Norma Amanagappa dimana berisi 21 urusan dengan beberapa bagiannya sangat rinci menjelaskan mengenai ketentuan dalam pelayaran, ” tulis siaran pers Kemenparekraf.

Karena alasan-alasan tersebut, Makassar dianggap ideal di dalam gagasan Indonesia Poros Maritim Negeri.

Makassad memiliki latar belakang sejarah, memiliki pelabuhan internasional, serta posisinya berharta di tengah-tengah Indonesia. Selain tersebut, Makassar juga tengah membangun Makassar New Port agar menjadi pusat INSA (Indonesia National Shipowners Association) untuk logistik nasional.

Baca Juga: Kemenparekraf Kuatkan Kampanye Penerapan Protokol Kesehatan Wisata di Bali

Kekinian, Makassar tumbuh menjadi salah satu tanah air metropolitan di Indonesia dengan perekonomian yang berpusat di sektor perniagaan dan jasa.