Kandungan Lengkap Surat Edaran Kaidah Perjalanan Dalam Negeri dalam Masa Pandemi Covid-19

Suara. com – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Klub alias PPKM Darurat pada Sabtu (3/7/2021) sudah dimulai hari ini hingga 20 Juli 2021. Salah mulia aturannya membatasi perjalanan kelompok dalam negeri.

Aturan itu berlaku sesuai Surat Informasi Satuan Tugas (Satgas) Pengerjaan Covid-19 Nomor 14 tarikh 2021, dengan isi lengkapnya sebagai berikut:

1. Setiap orang yang melaksanakan perjalanan dengan kendaraan pribadi maupun umum bertanggung jawab atas kesehatannya masing, beserta tunduk dan patuh di syarat dan ketentuan yang berlaku.

2. Pelaku perjalanan renggang jauh dari dan ke Pulau Jawa serta Pulau Bali yang menggunakan segenap moda transportasi wajib menunjukkan kartu vaksin pertama serta surat keterangan hasil minus tes RT PCR atau rapid test antigen.

Baca Serupa: Ketat! Lalu-lalang Jember selama PPKM Perlu Wajib Tunjukkan Hasil Tes Swab Covid-19

3. Karakter perjalanan dengan moda pemindahan udara yang melakukan penerbangan antar bandar udara dalam Pulau Jawa, penerbangan dan atau ke bandar suasana di Pulau Jawa, penerbangan dan atau ke bos udara di Pulau Bali, wajib menunjukkan kartu vaksin pertama dan surat bahan hasil negatif tes RT PCR.

Adapun hasil PCR, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan & mengisi e-HAC Indonesia.

INFOGRAFIS: PPKM Darurat

4. Karakter perjalanan dengan moda transportasi udara yang melakukan penerbangan dan atau ke bandar udara selain yang disebutkan huruf di atas, wajib menunjukkan surat keterangan buatan negatf RT PCR yang sampelnya diambil dalam masa waktu maksimal 2 x 24 jam.

Bisa juga negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun zaman maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan jadi persyaratan perjalanan dan memasukkan e HAC Indonesia.

5. Karakter perjalanan dengan moda pemindahan udara wajib menunjukkan kartu vaksin pertama dan surat keterangan hasil negatif RT PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu suntuk 2 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan dan mengisi e HAC Indonesia

Baca Juga: PPKM Darurat, Puluhan Kendaraan di Jalan Besar Lenteng Agung Dipaksa Putar Balik

6. Pelaku perjalanan secara moda transportasi laut, tetap menunjukkan kartu vaksin prima dan surat keterangan hasil negatif tes RT PCR yang sampelnya diambil di dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam pra keberangkatan.