Jarang Dibahas, Karya Seni Islam Punya Karakter yang Makmur dan Agung

Suara. com – Karya seni berbasis agama Islam termasuk jarang dibahas oleh artis. Padahal, karya seni Islam diketahui memiliki karakter dengan kaya dan agung.

Kurator seni Bambang Asrini Widjanarko mengatakan, budaya Islam tidak cuma yang tertera dalam Al Quran.

Ia menyebut masyarakat muslim di dunia memuji keindahan transenden dalam tradisi halus Islam, dari masa ke masa.

Sebab katanya, susunan seni adalah wakil’alam al misal, yang berfungsi sebagai perantara antara alam manusia dengan Tuhan.

Baca Juga: Densus Obok-obok Pondok, MUI Ingatkan Tak Kaitkan Terorisme dengan Islam

“Seni adalah kreativitas pribadi yang mempesona indra kita, kemudian mendekatkan diri kita kepada Tuhan, ” logat Bambang, dilansir ANTARA.

Menurut dia, kultur islam bermanifestasi di seni rupa terhubung secara jenis kaligrafi dan kecil hias tetumbuhan. Pada kala 19 dan abad 20, peradaban Eropa juga terinspirasi oleh Islam.

“Terutama pelukis seperti Rembrandt, Delacroix datang Matisse, ” tambahnya.

Dia menyebutkan, para pelukis itu terinspirasi dari seni miniatur Islam yang mengekspos gaya figuratif, geometri atau bentuk-bentuk esensial dengan abstraktif tubuh manusia & alam yang bersentuhan dengan seni Islam di Bangsa persia, Afrika, China, Tibet ataupun India.

“Kita mengingat salah satu ikon dunia seni dalam Jerman, yakni Goethe, benar memuja Nabi Muhammad SAW. ”

Baca Juga: PBNU: Kalau Khilafah Satu-satunya yang Sah, Maka Arab Saudi pun Kafir

Dia juga menyebutkan Goethe juga menyelidiki soal prinsip warna yang memberikan sumbangsih besar kepada seni bentuk dunia yang berpengaruh mematok saat ini.