Istimewa! Tiga Langkah Membuat Resolusi Keuangan di Masa Pandemi

Suara. com berantakan Mengatur kembali rancangan keuangan kerap jadi salah kepala resolusi tahun baru yang ijmal dirancang banyak orang.

Menurut situs finansial dari Amerika Serikat, Finder. com, selama 2020 sekitar 53, 12 persen generasi millennial fokus di dalam resolusi keuangan untuk lebih mempunyai kendali atas masa depan finansial mereka.

Melaksanakan resolusi keuangan bukan sekadar menyimpan segala pengeluaran yang dilakukan. Perencana Keuangan sekaligus Founder Anggriani & Partners Metta Anggriani mengatakan, paling ridak ada tiga langkah sempurna yang perlu dilakukan saat membina resolusi keuangan.

“Yakni melakukan financial check-up untuk memeriksa cash flow, hutang, dan aset yang kita miliki, ” kata Metta melalui bukti tertulis yang diterima suara. com, Minggu (7/2/2021).

Baca Juga: 4 Beauty Goals yang Diprediksi Akan Siap Resolusi Selama 2021

Ilustrasi resolusi keuangan. (Shutterstock)

Langkah kedua dengan mengidentifikasi prioritas dan tujuan keuangan. Seperti dana untuk pergi liburan, membeli rumah atau kendaraan, pelajaran, hingga meningkah. Langkah terakhir, lanjutnya, menentukan cara menabung yang bertemu dengan tujuan finansial.

“Barulah kita tentukan instrumen keuangan yang menyesuaikan secara kondisi finansial dan prioritas jadi mudah untuk dipantau dan dikelola, ” ucapnya.

Menurutnya, dengan melakukan 3 langkah utama resolusi keuangan tersebut juga dapat membantu perencanaan finansial agar lebih siap menghadapi iklim pandemi Covid-19 yang tidak sah.

Perubahan corak pikir di masyarakat yang mendatangkan berbagai kebiasaan baru, menurut Metta, juga menjadi alasan lain kok finansial yang bersifat ‘pandemic ready’ menjadi penting.

“Kita bisa melihat dampak dan risiko yang sangat nyata akibat terjadinya pandemi. Tahun tersebut kita harus lebih berhati-hati. Sebab karena itu, satu hal dengan tidak boleh terlupakan adalah memiliki perlindungan ektra seperti asuransi sebab penyakit, musibah dan bencana mampu terjadi kapan saja dan dapat mengganggu cash flow, ” ucap Metta.

Baca Serupa: Masih Awal Tarikh, 3 Resolusi Sehat Ini Mungkin dan Simpel Dilakukan