Bumbu Opor Ayam yang Tidak Boleh Ketinggalan

Suara. com porakporanda Memasak opor ayam seakan menjadi acara wajib jelang lebaran. Banyak keluarga bahkan memakai keterangan turun-temurun agar tidak kematian ciri khas masakan keluarga. Bumbu opor ayam menjelma hal paling krusial.

Kunyit, daun jeruk, dan santan menjadi kunci aroma & rasa. Ketiga jenis bahan opor ayam ini tak boleh terlewatkan dalam pada setiap masakan. Lalu apa saja bumbu opor ayam yang harus ada ketika membakar? Berikut perinciannya.

  1. 600 gram mandung kampung muda
  2. 5 butir telur ayam rebus, kupas kulitnya
  3. 700 ml santan cair
  4. 350 ml santan kental
  5. 1 ruas tipu lengkuas, geprek
  6. 2 batang serai, basuh bersih geprek bagian putihnya
  7. Secukupnya gula merah
  8. Secukupnya garam
  9. 3 lembar daun salam
  10. 3 lembar daun jeruk
  11. Ala kadarnya kaldu bubuk ayam
  12. 10 siung hati merah
  13. 8 siung bawang putih
  14. 6 butir kemiri
  15. 1 sendok teh kunyit bubuk
  16. 2 sendok teh ketumbar bubuk
  17. 1 sendok teh cili bubuk
  18. 1/4 sendok teh jinten serbuk

Opor ayam di hari lebaran biasanya disajikan dengan ketupat. Ada juga makanan pendamping seperti sambal goreng & telur balado. Dalam mengerjakan bumbu opor ayam tersedia beberapa hal yang menetapkan diperhatikan. Agar rasa menjadi kuat, tumis bumbu had benar-benar harum namun tidak sampai gosong.

Bumbu yang harum juga harus diimbangi dengan ayam yang empuk. Untuk itu, sebelum membakar opor, ada baiknya ayam direbus sampai empuk dengan dicampur berbagai bumbu.   Rebus ayam bersama bumbu halus yang terdiri lantaran bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, kencur, beserta rempah lainnya. Masak secara api kecil untuk menyentuh kematangan yang sempurna.

Baca Serupa: Resep Opor Ayam Lebaran, Gampang dan Enak

Merebus ayam sebelum memasak opor pula berguna agar sisa kotoran dalam daging ayam mampu terangkat. Untuk mencapai kelunakan yang sempurna, waktu merebus ayam bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Demikian bumbu opor ayam yang harus disiapkan. Semoga memberi inspirasi di dalam memasak.

Kontributor: Nadia Lutfiana Mawarni

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban darah sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan menggunakan sedekah makanan bersama Suara. com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!