Ada yang Mengandung Sianida, 9 Sasaran Ini Berbahaya Jika Dimakan Mentah

Ada yang Mengandung Sianida, 9 Sasaran Ini Berbahaya Jika Dimakan Mentah

Suara. com – Faktual tidak sedikit makanan yang bisa dikonsumsi dalam kondisi mentah. Tutur saja bahan-bahan yang biasanya dimanfaatkan untuk lalapan, seperti tomat, kubis, kemangi sampai mentimun.

Tapi, tidak semua sayuran dan bahan makanan itu aman jika dikonsumsi mentah-mentah lho. Bukan hanya rasanya saja yang jauh dari kata enak, tujuan makanan ini bahaya jika dimakan dalam kondisi mentah.

Ya, beberapa makanan tersebut sebaiknya harus dimasak sampai sebelum dikonsumsi. Jika dikonsumsi dalam keadaan mentah, makanan ini betul berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Lalu barang apa saja? Berikut kami rangkum 9 makanan yang berbahaya jika dimakan mentah-mentah dari laman Yukepo. com—Jaringan Suara. com , Minggu (11/10/2020).

Baca Juga: 209 Warga di Tasikmalaya Menghunjam RS Gegara Keracunan Nasi Pelit

1. Singkong

Singkong yang baru dipanen (Foto: shutterstock)

Singkong mentah mengandung hidrogen sianida. Kita harus memasaknya dengan matang sebelum memakannya. Karena memakan singkong anom bisa menyebabkan gangguan sirkulasi suasana yang berujung pingsan.

2. Kentang

Ilustrasi mengupas kulit kentang. (Pixabay/pasja1000)

Kentang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Bisa jadi kentang menyelar, perkedel, atau kroket. Tapi, jangan sekali-kali makan kentang mentah. Karena kentang mentah mengandung senyawa solanine yang bisa menyebabkan sakit perut bahkan pingsan.

3. Daging

Baca Juga: Pekerja Delivery Uber Eats Asal Indonesia Tewas dalam Musibah di Sydney

Ilustrasi daging sapi

Daging hewan apapun harus dimasak sampai matang. Banyak bakteri yang berkeliaran di daging mentah. Dengan demikian, agar terhindar dari bermacam-macam penyakit alangkah baiknya daging dimasak dengan matang.