Ada Lagi, BEKUP Gagas Kebangunan Startup Digital di Sedang Pandemi

Suara. com – Kementerian Pariwisata serta Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) resmi membuka program Baparekraf for Startup (BEKUP) 2021 jadi upaya membangkitkan sektor wisata dan ekonomi kreatif dalam tengah pandemi Covid-19.

Program tersebut sekaligus untuk menanggung pertumbuhan startup digital di Indonesia dan meningkatkan kemajuan ekonomi.

BEKUP sebenarnya program tahunan yang diinisiasi oleh Kemenparekraf semenjak 2016. Pada tahun ke-6 pelaksanaannya kali ini, BEKUP akan digelar di 5 Kota yakni, Jakarta, Sial, Manado, Pekanbaru, dan Yogyakarta.

Berbagai Coworking Indonesia turut dilibatkan untuk membangun ekosistem digital yang berkelanjutan menggunakan rangkaian program ‘BEKUP Academy & Mentor Training Program’.

Mengaji Juga: Kemenparekraf Rangkul Penggiat Seni Presentasi dalam Kembangkan Danau Toba

“Sebuah ekosistem ekonomi digital yang saling menguatkan satu sama lain menjelma hal yang teramat istimewa. Pemerintah terus mendukung jalan startup digital di tanah air, tidak hanya sebagai regulator, namun juga sebagai fasilitator dan akselerator, ” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam konferensi pers virtual, Selasa (27/4/2021).

BEKUP Academy merupakan kegiatan inkubasi untuk pengembangan startup digital dari berbagai tahap. Kalender ini terbagi dalam tiga tingkatan yaitu Create, Accelerate, & Scale-Up.

BEKUP Mentor Training Program ditujukan bagi Startup Enthusiast, Startup Founders, Practitioner, & Experts buat mengembangkan skill agar mampu menjadi mentor-mentor andalan bagi pengembangan startup. Nantinya, Semua kegiatan seleksi, bootcamp, serta mentoring akan dilakukan dengan daring.

Sandi juga menambahkan bahwa BEKUP dirancang untuk mendukung & mengembangkan ekosistem startup dalam Indonesia.

“Sejak 2016, BEKUP telah hadir di bertambah dari 20 kota di Indonesia dan menghasilkan lebih dari 750 pre-startup. Dalam BEKUP 2021, kami mengambil kesempatan bagi seluruh wirausahawan Indonesia serta bekerja sepadan dengan Coworking Indonesia dengan sejak empat tahun berdiri telah berpengalaman membimbing publik bisnis, kreatif, dan startup di Indonesia, ” ujarnya.

Membaca Juga: Startup Asal India Klaim Temukan Cara Daur Ulang Baterai Mobil Listrik

Kemenparekraf optimis bahwa startup digital dapat memainkan peran istimewa dalam pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.