5 Gunung Tertinggi di Indonesia

5 Gunung Tertinggi di Indonesia

Suara. com – Indonesia tak hanya lumrah dengan keindahan lautnya namun selalu bentang alam yang indah serta beragam. Mulai dari air terjun, hutan tropis, sungai, danau dengan eksotis, hingga gunung-gunung yang menjulang tinggi seakan menambah kemegahan pemandangan alam di Indonesia. Berikut itu daftar gunung tertinggi di Indonesia.

1. Puncak Jaya

Puncak Jaya berlokasi di Provinsi Papua. Gunung tersebut memiliki ketinggian 4. 884 mdpl. Gunung Puncak Jaya dikenal secara nama lain Cartenz Pyramid.

Gunung Pucuk Jaya ini merupakan bagian lantaran pegunungan Sudirman di Papua dengan dan merupakan gunung tertinggi di Indonesia. Bahkan Puncak Jaya hadir dalam daftar tujuh puncak dunia. Di sini, Anda akan menemukan satu-satunya gletser tropika di Nusantara.

Baca Juga: Puncak Jaya di Papua Jadi Gletser Tropis Terakhir di Dunia, Terancam Punah

2. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi dan punya ketinggian 3. 805 mdpl. Dia merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif sekaligus bukit tertinggi di Pulau Sumatera. Bukit Kerinci menjadi salah satu destinasi favorit pendaki yang berpengalaman.

3. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dengan ketinggian 3. 762 mdpl. Bukit tertinggi di Indonesia ini berkecukupan di gugusan Kepulauan Nusa Tenggara, tepatnya di Pulau Lombok.

Butuh skill mendaki khusus untuk menapakkan menduduki ke puncak Gunung Rinjani karena medannya terjal. Meski begitu, Gunung Rinjani menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa dan menjadikannya sebagai salah satu destinasi favorit oleh pengunjung.

Baca Juga: Antisipasi Guguran Lahar Bukit Semeru, BNPB Minta Dibangun Belang Evakuasi

4. Gunung Semeru