5 Dokumen Perjalanan Luar Negeri yang Perlu Kamu Tahu

Suara. com – Menghabiskan liburan ke luar daerah bersama pasangan atau keluarga memang menyenangkan. Agar liburan berjalan lancar, menyiapkan dokumen perjalanan jangan datang terlewatkan. Kira-kira apa saja sertifikat perjalanan luar negeri yang perlu dipersiapkan?

Ya, melakukan perjalanan ke asing negeri baik untuk kebutuhan liburan atau lainnya wajib menyertakan dokumen-dokumen agar urusan administrasi lancar, terlebih lagi saat kamu melewati penyeliaan imigrasi di lokasi negara haluan.

Oleh karena itu, sebelum kamu dan tim atau pasangan melakukan perjalanan ke luar negeri, siapkan dokumen-dokumen istimewa dari jauh-jauh hari. So, dibawah ini beberapa dokumen perjalanan luar kampung yang wajib dipersiapkan.

1.             Paspor

Menangkap Juga: Keimigrasian Nusantara dalam Mencegah Penerbitan Paspor Palsu

Dokumen yang wajib kamu persiapkan saat akan melakukan perjalanan ke luar negeri yaitu Paspor. Itu penting, sebab paspor menunjukan nama kewarganegaraan seseorang saat berada dalam luar negeri.

Paspor terdiri dari kaum jenis yang masing-masing memiliki kegiatan yang berbeda. Adapun jenis-jenis paspor bisa dilihat di bawah tersebut.

  • Paspor Biasa
    Jenis paspor yang paling umum digunakan yaitu paspor biasa yang berwarna hijau. Paspor jenis ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan perjalanan wisata maupun keperluan lainnya di luar negeri.
    Pasor biasa ini memiliki masa berlaku lima tahun. Sesudah masa berlaku habis maka harus kembali diperpanjang ke kantor imigrasi.
  • E-Paspor
    Macam paspor berikutnya yaitu E-Paspor. Paspor jenis ini memiliki banyak keunggulan yaitu mempunyai data biometrik bertambah lengkap juga akurat, lebih mungkin untuk dipindai, proses verifikasi lebih cepat, dan pengajuan visa pula lebih mudah.
    Adapun sejumlah negara yang sudah menerapkan penerapan E-Paspor yakni Inggris, Jepang, Amerika Serikat, Australia, dan masih penuh lagi yang lainnya.
  • Paspor Dinas
    Paspor berwarna biru ini dikhususkan untuk para-para pegawai pemerintahan yang akan melakukan perjalanan dinas ke luar daerah.
  • Paspor Diplomatik
    Paspor yang dikeluarkan resmi sebab pemerintah luar negeri ini dikhususkan untuk mereka yang akan melayani perjalanan diplomatik.

2.             Visa

Visa menjelma dokumen penting yang perlu dipersiapkan saat kamu akan berkunjung ke luar negeri.   Visa mampu dikatakan sebagai dokumen izin berkunjung ke suatu negara ke negara lainnya secara legal. Visa mempunyai beberapa jenis, seperti berikut tersebut.

  • Visa Turis
  • Visa on Arrival
  • Izin Kunjungan Keluarga
  • Izin Belajar

3.             Exit Permit

Baca Juga: Prosedur dan Syarat Melaksanakan Visa, Wajib Diperhatikan!

Dokumen berikutnya yang perlu dipersiapkan adalah Exit Permit. Dokumen ini berbentuk lembaran kertas berisi stempel resmi dengan dikeluarkan oleh kantor imigrasi. Era berlaku dokumen ini sekitar 3 bulan atau lebih.