3 Kiat Jaga Mental Pasti Sehat Jelang UTBK SBMPTN 2021

Suara. com porakporanda Sejak 15 Maret 2021 lalu kalender Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Mendalam Perguruan Tinggi Negeri ataupun yang disingkat UTBK-SBMPTN 2021 dibuka.

Ratusan ribu bahan mahasiswa kini mulai beriring-iring memperebutkan kursi di Perguruan Tinggi Negeri favorit.

Hal yang perlu diingat, tidak hanya persiapan akademis, kondisi kesehatan moral juga perlu dijaga menyambut seleksi dilaksanakan. Jangan sampai stres atau tertekan, dengan berakibat ‘buntunya’ saat menunaikan soal.

Dikutip dari pancaran pers Ruangguru, Psikolog Budak Ni Putu Putri P, M. Psi membagikan kiat menjaga kesehatan mental menghadap UTBK-SBMPTN. Apa saja? Beserta daftarnya!

Baca Juga: Tiga Sekolah tinggi Kedinasan di Banten

Ilustrasi: Petugas menyemprotkan larutan disinfektan di tempat pengamalan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Mengakar Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahap 1 di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Jawa Barat, Minggu (5/7). [ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi]

1. Jaga emosi
Saat sedang hati, kita cenderung kurang bisa mengakses memori dan mencerna materi. Maka dari tersebut, kita harus bisa mengatur emosi tanpa menolaknya biar otak kita lebih lancar ketika belajar dan menuntaskan soal.

Salah satu cara untuk mengatur emosi merupakan menentukan cara versimu pada menyalurkannya, contohnya seperti menggambar, menulis, atau sekadar menyusun nafas agar kamu jauh lebih tenang. Setelah emosi sudah mereda, kamu bisa melanjutkan belajar kembali dengan nyaman dan tenang.

2. Jaga kognisi
Pada masa ujian seperti saat ini, penuh siswa merasa takut dan mencacau akan ujian. Hal itu sangatlah wajar. Namun, awak harus memberikan keyakinan pada dirimu bahwa kamu pasti bisa menghadapi semua teguran yang ada di pendahuluan.

Jangan diamkan rasa takutmu akan ujian membuatmu takut untuk memulai belajar. Mulai langkah dari yang kecil, seperti mencicil materi setiap harinya, sebab hal besar dapat dimulai dari yang kecil, kurang demi sedikit.

3. Jaga relasi
Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan dukungan karakter lain. Dalam mempersiapkan muncul dalam menghadapi ujian, tidak jarang kamu akan merasakan kejenuhan akan belajar. Maka dari itu, penting sekadar pada masa ujian laksana saat ini untuk tentu menjalin komunikasi dengan teman-teman seperjuangan.

Baca Juga: 6 Kampus Negeri pada Banten Pilihan Terbaik 2021

Sekadar saling mengarang melalui telepon atau gambar call dengan teman & memberikan dukungan satu sebanding lain dapat melepaskan mengalami rindu dan jenuh. Ditambah pada masa pandemi ini dimana banyak dari kita yang tidak bisa bersemuka secara langsung dengan teman-teman.